Radio Budaya Jawa Pati :

Babad Pati Sumali Mbalelo

Ketoprak Wahyu Manggolo : Babad Pati Sumali Mbalelo

Inti kisahnya bercerita tentang perjuangan Empu Sumali - warga Desa Perdikan Klaling (Kudus) yang ingin menuntut janji Adipati Pati guna meminta tanah ''Bumi Botak Kulon Negara''.

Tekad Sumali untuk nggecak perang ke bumi Pati sudah tak bisa ditawar lagi. Menurutnya, Adipati Joyokusumo telah ingkar. Janji untuk memberikan ”Bumi Buthak Kulon Negara” sebagai penghargaan atas jasa Sumali, hingga bertahun-tahun tak ada kabar beritanya.

”Diadhangana bakal mlumpat, didhadungana bakal uwal. ‘Bumi buthak kulon negara’ harus segera diserahkan,” tekadnya. Maka pilihan yang ditempuh Sumali pun terang benderang: madeg kraman! Menggelar pemberontakan untuk merebut tanah yang telah lama dijanjikan.

Meski akhirnya tewas, karena terkena bujuk istri rekan empunya, Ny Santi (istri Empu Sumarno), toh perjuangannya akhirnya dapat dicatat dalam ingatan warga. Bahwa, seorang pemimpin harus dapat menepati semua janji dan perkataannya.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com

Audio MP3 Ketoprak Wahyu Manggolo : Babad Pati, Sumali Mbalelo silahkan download disini atau silahkan download link dibawah ini :
01 Sumali mbalelo.mp3
02 Sumali mbalelo.mp3
03 Sumali mbalelo.mp3
04 Sumali mbalelo.mp3
05 Sumali mbalelo.mp3
06 Sumali mbalelo.mp3
07 Sumali mbalelo.mp3

0 komentar:



Posting Komentar